Cara Mengakali Token Listrik..!! Biar Hemat Ini Boleh Di Coba Juga

Saat ini sosialisasi listrik token memang lagi gencar-gencarnya dilakukan oleh PLN atau Perusahaan Listrik Negara. Penggunaan listrik token dinilai jauh lebih efisien, sebab penggunanya bisa mengontrol penggunaan listrik di rumahnya sendiri. Akan tetapi, ada banyak orang yang merasa masih belum siap untuk beralih ke listrik token, sebab dinilai lebih boros. Apa benar demikian?


Sebetulnya penggunaan listrik pra bayar atau listrik token maupun pasca bayar ini sama-sama bisa diakali supaya jadi lebih hemat. Tidak perlu pakai cara yang ilegal, sebab kami akan membagikan tips dan cara mengakali listrik token agar lebih hemat. Simak terus yuk ulasannya di bawah ini.

Cara Mengakali Listrik Token Agar Lebih Hemat yang Patut Dicoba
Cek sisa pulsa listrik secara berkala

Banyak orang lupa, atau pun malas untuk mengecek ketersediaan sisa pulsa listrik. Sehingga mereka tak bisa mengontrol dengan baik penggunaan listrik sehari-hari. Tiba-tiba saja pulsa listriknya habis. Nah, salah satu cara menghemat listrik token atau mengakali listrik token agar lebih hemat adalah dengan mengecek sisa pulsa listrik secara berkala. Dengan begitu Anda bisa mengontrol penggunaan listrik supaya tidak boros.

Set alarm sebagai indikator batas minimal
Pada meteran listrik token ada alarm yang bisa jadi indikator batasan minimum dari kilowatt atau kWH listrik yang tersedia. Indikator batasan minimal tersebut bisa diatur sesuai keinginan. Jadi, supaya Anda tak terlalu boros atau pun kehabisan listrik diwaktu yang tak tepat, ada baiknya atur alarm batas minimal tersebut.

Walaupun terkesan agak ribet, akan tetapi apabila Anda memang ingin menghemat penggunaan listrik per bulannya, Anda harus menghitung biaya listrik dari elektronik. Dengan Anda tahu biaya listrik per bulannya maka Anda pastinya bisa lebih mengontrol dengan baik penggunaan listrik setiap harinya agar pengeluaran Anda tidak terlalu membengkak.

Menggunakan kabel SNI untuk alat elektronik
Cara lain juga bisa dimulai dari hal-hal kecil yang tak terduga, contohnya saja dengan mengganti semua kabel di rumah dengan label yang sudah SNI. Alasannya adalah karena kabel SNI ini lebih terjamin kualitasnya, sehingga minim resiko terjadinya kerak kabel yang pada akhirnya membuat konsumsi listrik jadi makin boros.

Baca juga : Trik Gunakan AC yang Baik dan Benar Supaya Hemat Listrik Serta Awet
Ya, pada dasanya keberadaan AC sebagai pendingin ruangan ini memang membuat kita merasa lebih nyaman. Akan tetapi, apabila Anda ingin lebih menghemat penggunaan listrik token, ada baiknya pakai AC dengan bijak. Misalnya saja selama Anda bisa melakukan aktifitas tanpa AC, maka Anda bisa matikan AC di ruangan. Silakan Anda gunakan AC jika Anda benar-benar memerlukannya saja, seperti ketika cuaca sedang panas-panasnya, atau saat tidur.

Menghindari penggunaan alat elektronik secara bersamaan
Anda pastinya pernah kan menggunakan AC, kulkas, mesin cuci, dan alat elektronik lainnya dalam waktu yang bersamaan. Apabila menggunakan alat elektronik dengan konsumsi daya listrik besar, maka meteran tentu saja akan berjalan dengan sangat cepat. Sehingga konsumsi pulsa listrik pun jadi semakin banyak dan pastinya juga lebih cepat habis.


Membatasi jatah pengisian pulsa
Cara menghemat listrik token yang terakhir adalah dengan membatasi jatah pengisian pulsa listrik. Contohnya saja, Anda menentukan jatah isi pulsa 100 ribu per bulannya, jadi usahakan untuk tidak memakai listrik lebih dari jatah yang ditentukan. Boleh menyimpan token listrik untuk sekadar berjaga-jaga, namun jangan langsung diisi ke meteran listrik Anda.

Nah, itulah tadi cara mengakali listrik token agar lebih hemat yang patut dicoba. Buat Anda yang kebetulan sedang ingin mengisi pulsa listrik yang cepat dan praktis, sekarang Anda sudah bisa melakukannya dengan mudah di AKULAKU. Tak hanya itu saja, di AKULAKU Anda juga bisa membeli berbagai macam barang-barang yang Anda butuhkan dengan menggunakan fasilitas pembayaran secara kredit. Pastinya akan ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dengan kredit di AKULAKU. Salah satunya adalah voucher belanja total senilai Rp 700.000,00 dengan pakai kode “AIDIA 1”.

sumber ucnews

0 comments:

Posting Komentar